Scroll untuk membaca artikel sob
Pasang Iklan
DaerahProvinsi Gorontalo

Pemprov Gorontalo Gelar Sosialisasi APBD 2025

×

Pemprov Gorontalo Gelar Sosialisasi APBD 2025

Sebarkan artikel ini
Sosialisasi penandaan/tagging belanja per sumber dana dan keputusan Gubernur Gorontalo nomor 471/29/XI/2024 tentang pembentukan dan mekanisme kerja tim teknis penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), di Aula Inspektorat Provinsi Gorontalo, Jumat (6/12/2024). (Foto : Mila)
Sosialisasi penandaan/tagging belanja per sumber dana dan keputusan Gubernur Gorontalo nomor 471/29/XI/2024 tentang pembentukan dan mekanisme kerja tim teknis penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), di Aula Inspektorat Provinsi Gorontalo, Jumat (6/12/2024). (Foto : Mila)

Lebih lanjut, Sofian mengajak OPD untuk memanfaatkan aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) guna memaksimalkan proses tagging belanja, yang akan memudahkan identifikasi alokasi sumber dana seperti Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Umum (DAU). Dengan adanya aplikasi ini, Pemprov berharap dapat memantau sejauh mana dana yang dialokasikan dapat mendukung program-program strategis dalam APBD, sehingga pengelolaan keuangan daerah menjadi lebih transparan dan efisien.

Baca Juga  Warga Tibawa Surati Inspektorat atas Dugaan Penyelewengan Dana Desa

“Kami berharap 2025, OPD aktif melakukan tagging ini di setiap postur anggaran masing-masing dan akan membangun postur yang lebih bagus untuk APBD 2025,” ujar Sofian.

Baca Juga  Veronica Tan Tinjau Program Perempuan di Gorontalo

Sofian juga menekankan pentingnya integrasi program dari berbagai OPD, tidak hanya OPD teknis, tetapi juga OPD penunjang lainnya, agar program bisa berjalan lebih cepat dan lebih efektif.

Sosialisasi ini diinisiasi oleh Badan Keuangan Provinsi dan dihadiri oleh pimpinan OPD, pejabat fungsional, administrator, serta pelaksana perencanaan dan penganggaran di lingkungan Pemprov . Pemateri dalam sosialisasi ini adalah Inspektur Provinsi Gorontalo Misranda Nalole dan Plt. Kepala Bappeda.